Apa yang kalian ketahui tentang Konsep Dasar Manajemen?




apa itu manajemen

PENGANTAR MANAJEMEN

Pengertian Manajemen Pengantar - Tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang materi pengantar manajemen? Materi  ini dibagikan kepada semua mahasiswa yang memasuki Administrasi Bisnis dan program  lain dari Fakultas Ekonomi kami. Seperti namanya, materi ini memberikan  pengantar atau metode dasar manajemen ruang lingkup. 

Artinya, materi yang diajarkan di sana dapat dianggap sebagai “materi pemanasan” sebelum mempelajari materi lain yang berhubungan dengan manajemen yang lebih detail dan mendalam. Ini memberikan materi dasar, tetapi karakter ini menjadikannya materi yang penting untuk dikuasai. Karena jika Anda tidak memahami dasar-dasarnya, dijamin Anda akan kesulitan  memahami materi yang lebih detail dan kompleks. Selalu lebih baik untuk fokus dan serius ketika menghadiri kuliah. Hal ini karena mempengaruhi  pemahaman  mata pelajaran lain.

Definisi manajemen pengantar 

Setiap pembahasan materi pengantar manajemen dapat dimulai dengan pemahaman atau definisi. Ini berasal dari definisi manajemen. Manajemen adalah proses  mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Proses pencapaian tujuan organisasi dapat dicapai dengan menggunakan sumber daya yang ada dan kemauan untuk bekerja secara kolaboratif. Sebuah nama menyelesaikan tujuan organisasi dan dijamin tidak akan dicapai oleh satu atau dua orang. Tapi semua. 

Ini sama di rumah, dan tujuan keluarga  tercapai ketika suami dan istri berusaha untuk saling menjangkau. Memanfaatkan sumber daya yang ada dan menciptakan semangat kolaboratif tentu membutuhkan keahlian khusus. Keterampilan ini diperoleh sejak dini oleh mahasiswa manajemen. 

Lebih lanjut, manajemen juga dapat diartikan sebagai upaya untuk merencanakan, mengkoordinasikan, mengatur dan mengendalikan sumber daya yang ditujukan untuk mencapai tujuan sekaligus  memaksimalkan efisiensi dalam berbagai aspek. Tenaga, biaya, waktu, dll.

Pengertian Pengantar Manajemen Menurut Para Ahli

Para ahli kemudian juga mengungkapkan pendapatnya terkait pengertian dari materi pengantar manajemen. Berikut beberapa diantaranya: 

Memahami Pengantar ahli untuk manajemen 
Setelah itu, pakar juga mengomentari pentingnya materi manajemen implementasi. Berikut adalah beberapa di antaranya: 
 

George R. Terry 

Pandangan pertama dianut oleh George R. Terry yang mendefinisikan manajemen dalam bukunya yang berjudul Principles of Management. Menurut Terry, manajemen adalah suatu proses yang dapat membedakan antara perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pelaksanaan, dan  pengawasan.  Proses  membedakan seperangkat kegiatan yang menggunakan ilmu pengetahuan dan seni untuk mencapai tujuan tertentu. Ini berarti bahwa pemahaman ilmu penting ketika mengkoordinasikan kelompok. Karena sebenarnya memiliki ilmu dan seni tersendiri yang biasanya tidak bisa dianggap enteng.


Mary Parker Follett 

Pendapat kedua diberikan oleh Mary Parker Follett. Follet menjelaskan bahwa mendefinisikan materi pengantar manajemen adalah seni membiarkan orang lain melakukan pekerjaan. Ketika seseorang  menerapkan ilmu manajemen, itu bisa membuat orang lain  melakukan tugas-tugas tertentu. 

Oleh karena itu, profesional manajemen cenderung menjadi pemimpin kelompok orang atau pejabat tinggi di  perusahaan dan organisasi. Karyawan  di bawah bantuannya mengikuti instruksi yang diberikan. Untuk pengaturan segala kegiatan, idealnya  dilakukan oleh satu orang agar tidak terjadi perselisihan.


Thomas H. Nelson 

Thomas H. Nelson juga mengomentari definisi penunjukan manajemen senior. Manajemen, menurut Nelson, didefinisikan sebagai ilmu dan seni menggabungkan ide, fasilitas, proses, bahan, dan orang untuk  menghasilkan barang dan jasa yang bermanfaat.  Proses manajemen itu sendiri memiliki banyak tujuan selain untuk menghasilkan barang dan jasa serta menghasilkan keuntungan. Definisi  Nelson mengacu pada pengendalian kegiatan manufaktur di fasilitas manufaktur. Misalnya, pabrik makanan,  pabrik pakaian, pabrik farmasi, dll. 

  
James A.F. kepala panci 

Pendapat berbeda datang dari James A. F. Stoner. Dijelaskannya bahwa yang dimaksud dengan materi pengantar manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan para anggota suatu perusahaan (organisasi) dengan menggunakan sumber daya yang ada untuk mencapai  tujuan. 
 
Dari  pendapat para ahli di atas, dapat kita simpulkan bahwa manajemen adalah  proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, pembinaan, dan pengawasan suatu kelompok agar dapat menggunakan sumber daya kelompok untuk mencapai tujuan melalui kerjasama yang meningkat.


APA ITU FUNGSI MANAJEMEN?

Fungsi Pengantar Manajemen 

Setelah memahami pengertian dari pengantar manajemen, maka selanjutnya adalah mengetahui fungsinya. Fungsi dari manajemen sendiri cukup banyak dan setiap ahli juga mengemukakan pendapatnya. Namun, secara keseluruhan fungsi tersebut antara lain: 

1. Fungsi perencanaan 

Fungsi utama manajemen adalah perencanaan,  proses pengambilan keputusan yang menjadi dasar kegiatan ekonomi dan efektif  di masa depan. Oleh karena itu, strategi manajemen bagi organisasi untuk mencapai tujuannya harus ditetapkan sejak dini. Namun, penting untuk menetapkan atau menetapkan tujuan atau sasaran terlebih dahulu. Tujuan yang jelas  memudahkan perencanaan pemenuhan sumber daya yang ada secara optimal. Tanpa tujuan yang jelas,  manajemen tidak mungkin dilakukan. 

 

 2. Fungsi organisasi 

Fungsi manajemen yang kedua  adalah organisasi. Ini adalah proses membangun hubungan antara fungsi personalisasi dan faktor fisik sehingga satu atau lebih aktivitas  dapat dilakukan, diorganisir, dan dikoordinasikan untuk mencapai tujuan bersama. Jadi fitur ini menjelaskan bagaimana manajemen  membantu menyatukan berbagai hal dan aspek. Pada saat yang sama, sumber daya dalam organisasi Anda saling berhubungan dan dapat digunakan untuk mencapai  tujuan yang Anda tetapkan di awal. 

 

3. Fungsi pengarahan 

Fungsi ketiga adalah directionality yang mengilhami perilaku sehingga benar-benar dapat dilakukan. Melalui fitur ini, administrator dapat membantu mengarahkan perilaku sekelompok orang atau tim  dalam suatu organisasi (perusahaan). Saya dapat melakukan apa yang telah saya rencanakan untuk mencapai tujuan saya. 

 

4. Fungsi koordinasi 

Fitur berikutnya  dalam primer administrasi adalah rekonsiliasi. Seperti namanya, manajemen juga berperan sebagai media untuk mengkoordinasikan kegiatan seluruh karyawan dalam suatu organisasi atau perusahaan. 

Sehingga aktivitas setiap karyawan  saling mendukung, menyelaraskan, dan berjalan di jalan yang sama menuju tujuan yang sama. Tanpa koordinasi, menjadi sulit bagi setiap karyawan untuk bertindak secara mandiri dan mencapai tujuan perusahaan. 

 

5. Fungsi pemantauan 

Fungsi terakhir dari manajemen atau  manajemen implementasi adalah monitoring. Manajemen  juga memiliki fungsi mengawasi kegiatan di dalam organisasi yang dilakukan oleh tim karyawan di dalam organisasi. Pemantauan ini penting untuk mengetahui apakah setiap karyawan berkinerja baik. Selanjutnya, kami memastikan bahwa semua karyawan berada di  jalur yang sama. Ketika ada kesamaan visi dan misi, setiap tindakan atau kegiatan yang dilakukan mengarah pada pencapaian tujuan bersama. Bersama-sama, kita akan mempercepat pencapaian tujuan tersebut. 

Semua fitur di atas juga berfungsi dengan baik jika dikelola dengan benar. Dengan mendukung perjalanan suatu organisasi atau bisnis membantu memaksimalkan ilmu dan seni manajemen itu sendiri sehingga dapat bertahan dan  terus berkembang.

ELEMEN MENEJEMEN

Ilmu manajemen bukanlah ilmu yang dapat diterapkan oleh satu atau dua orang, melainkan ilmu yang diterapkan oleh sekelompok orang. Karena Anda perlu mengelola berbagai sumber daya organisasi Anda untuk mendapatkan manfaat maksimal. Selain itu, semua sumber daya ini harus tersedia untuk mencapai tujuan yang sama.

Menggunakan banyak sumber daya pada saat yang sama tentu membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang tepat. Karena semua ini dipelajari dalam manajemen, praktik atau implementasi ilmu manajemen itu sendiri melibatkan banyak elemen. Faktor utama yang memungkinkan kita untuk memaksimalkan penerapan ilmu manajemen adalah:


A.manusia(Man)

Unsur pertama dalam penerapan manajemen adalah manusia atau human dalam bahasa Inggris. Orang merupakan faktor terpenting dan berpengaruh dalam penerapan ilmu manajemen. Pada dasarnya, Anda adalah seseorang yang dapat menetapkan tujuan (target) dan berusaha untuk mencapainya.

Misalnya, pengusaha ingin bisnis mereka tumbuh dan menghasilkan lebih banyak penjualan. Pemilik memikirkan tujuan yang perlu ditetapkan dan kemudian karyawan perlu capai. Selanjutnya, di bawah pemilik perusahaan, manajer menerapkan ilmu manajemen.

Izinkan semua tim untuk berbagi tugas dan berbagi solusi serta strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Artinya tanpa pemilik perusahaan sebagai pengelola, tidak akan ada kepemimpinan. Manajer tidak perlu memimpin karyawan dan menerapkan pengetahuan manajemen. membuangnya

Dalam literatur manajemen adopsi, faktor kedua dalam aplikasi itu adalah uang. Komponen uang sama pentingnya dengan komponen manusia dalam penerapan ilmu manajemen. Karena uang ini memberi orang jalan dan peluang berbeda untuk menerapkan strategi untuk mencapai tujuan mereka.

B.Uang money)

Jumlah uang yang tersedia juga mempengaruhi seberapa cepat suatu organisasi dapat mencapai tujuannya. Misalnya, sebuah perusahaan menetapkan target penjualan Rp 1 miliar dalam sebulan. Selain itu, perusahaan harus mampu mendukung langkah-langkah promosi.

Departemen pemasaran kami dapat menggunakan dana ini untuk menyediakan layanan periklanan. Mulailah dengan mencetak brosur dan membayar orang untuk mendistribusikannya. Selain itu, kami membayar untuk iklan online seperti media sosial dan Google Ads.

C.Bahan (material)

Elemen kontrol selanjutnya adalah material atau bahan. Bahan ini juga dapat diartikan sebagai bahan mentah. Penyediaan atau kepemilikan bahan baku sangat penting untuk menunjang pencapaian tujuan bisnis. Semakin terjamin kuantitas dan kualitasnya, semakin baik kualitas produk dan jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, dalam menggunakan buku pengantar manajemen perlu berhati-hati dalam pemilihan bahan baku. Bahan baku berkualitas buruk mengurangi kredibilitas produk dan layanan. 

D.Mesin(machine)

Faktor penting berikutnya adalah mesin atau mesin. Dengan kata lain, semua jenis alat dan mesin yang digunakan orang untuk mempermudah pekerjaan mereka. Tugas tertentu yang ditentukan dalam rencana pengelolaan umumnya tidak dapat diselesaikan secara manual.

Perusahaan kemudian menyediakan alat dan mesin khusus untuk memudahkan proses produksi atau pekerjaan tertentu. Misalnya, printer harus menyediakan jenis printer tertentu. Memungkinkan karyawan untuk mencetak file konsumen dan mencapai kepuasan pelanggan.

Menyediakan alat dan mesin membantu memaksimalkan kegiatan produksi. Produksi lebih cepat dan kuantitas lebih tinggi. Hal ini memudahkan perusahaan untuk menghasilkan lebih banyak penjualan. Sehingga Anda dapat memaksimalkan pencapaian tujuan penjualan Anda.

E.Metode(Method)

Elemen selanjutnya dalam menerapkan materi manajemen penyebaran adalah metode atau metode. Metode adalah teknik atau strategi, jalan, diikuti untuk mengkoordinasikan semua sumber daya dalam suatu organisasi.

Dengan metode yang tepat, Anda dapat mencapai tujuan Anda dengan cepat. Selain itu, metode yang benar meminimalkan kesalahan dan menghindari masalah selama operasi. Oleh karena itu, sangat penting bagi tim manajemen untuk memutuskan metode yang tepat.

F. Pasar (Market)

Elemen penting terakhir dalam ilmu manajemen adalah pasar atau market. Pasar adalah tempat di mana barang dan jasa perusahaan melalui proses panjang untuk menemukan pembeli. Pasar yang jelas dan sehat memastikan bahwa apa pun yang diproduksi akan terjual.

Kegiatan operasional perusahaan Anda terjamin, sehingga Anda dapat mempertahankan bahkan mengembangkan perusahaan Anda. Oleh karena itu, pasar merupakan faktor penting dan bagian penting dari sarana untuk mencapai tujuan bisnis.




Komentar